Membuat Animasi Erupsi Gunung Berapi
Membuat Animasi Erupsi Gunung Berapi~Tutorial
berikut ini akan menjelaskan langkah-langkah pembuatan animasi erupsi
gunung berapi. Dalam contoh animasi kali ini, digambarkan maghma yang
bergerak dari dalam bumi, berwarna orange karena panas, terus bergerak
kearah kerak bumi dan puncak gunung, lalu menimbulkan asap, asapnya
semakin hitam dan tebal, dan terjadilah erupsi gunung berapi, dimana
maghma dilontarkan bersama bebatuan dari puncak gunung. Sama seperti
animasi-animasi sebelumnya, animasi yang saya buat kali ini tetap
menggunakan aplikasi Microsoft Powwerpoint 2010/2013. Aplikasi yang
sudah familiar dan populer dikalangan guru-guru ditanah air. Disamping
mudah, aplikasi ini sebenarnya cukup powerfull untuk membuat
animai-animasi sederhana sesuai dengan kebutuhan proses pembelajaran
dikelas. Sebelum membahas lebih dalam, mari kita lihat video animasi
erupsi gunung berapi yang telah dikompilasi di URL : http://www.youtube.com/watch?v=zdh3EAf1ccg&feature=youtu.be.
Pada tutorial animasi kali ini, saya
tidak menjelaskan setiap objek yang menyusun animasi ini secara rinci
satu demi satu disebabkan banyaknya objek yang dibuat serta kesamaan
jeni animasi dari setiap objek. Saya hanya akan menjelaskan animasi
dasar dari setiap objek mewakili objek yang memiliki animasi sejenis
yang saya kelompokkan kepada beberapa animasi objek yaitu :
- Animasi objek maghma.
- Animasi objek kepulan asap gunung.
- Animasi objek semburan maghma dipuncak gunung, dan,
- Animasi objek bebatuan yang terlempar dari puncak gunung.
Langkah pertama adalah mencari gambar
contoh yang akan dijadikan pola, saya mengunduh gambar gunung pada
situs http://www.ussartf.org untuk dijadikan pola/pallete seperti gambar
berikut ini :
Siapkan terlebih dahulu sebuah slide kosong dan beri warna latar (background) yang sesuai yaitu biru dengan gradasi. Lalu buat lapisan tanah selapis demi selapis menggunakan objek shape freeform dengan diberikan texture yang sesuai dan jadikan satu grup (Ctrl+G) seperti gambar berikut ini :
Untuk permukaan gunung yang berwarna
hijau, gunakan aplikasi grafis seperti Adobe Photoshop untuk mengiris
gambar gunung yang kita unduh untuk dijadikan pola/pallete sebelumnya
untuk kemudian disisipkan kedalam slide yang telah kita sisipkan
objek-objek shape yang membentuk gambar lapisan gunung sebelumnya
seperti gambar berikut ini :
Setelah itu sisipkan gambar permukaan
gunung ini keatas gambar lapisan bumi yang telah dibuat ditahapan
sebelumnya seperti gambar berikut ini :
Selanjutnya kita persiapkan objek-objek animasinyaseperti yang disampaikan diatas, yaitu :
ANIMASI OBJEK MAGHMA
Sisipkan tiga buah objek shape dengan ukuran yang berbeda-beda, Posisikan secara berhimpit dan tempatkan dilayer paling bawah seperti gambar berikut ini :
Lalu ubah properties lingkaran yang paling kecil sebagai berikut :
- Format shape -> Fill -> Solid Fill : Red
- Format shape -> Line Color : No Line
- Format Shape -> Glow and Soft Edges -> Glow Color : Red
- Format Shape -> Glow and Soft Edges -> Glow Size : 53 pt, Transparency : 60%
- Format Shape -> Glow and Soft Edges -> Soft Edges Size : 43 pt
- Format shape -> Fill -> Solid Fill : Orange Darker 25%
- Format shape -> Line Color : No Line
- Format Shape -> Glow and Soft Edges -> Glow Color : Orange Darker 25%
- Format Shape -> Glow and Soft Edges -> Glow Size : 24 pt, Transparency : 60%
- Format Shape -> Glow and Soft Edges -> Soft Edges Size : 0 pt
- Format shape -> Fill -> Solid Fill : Orange Darker 25%
- Format shape -> Line Color : No Line
- Format Shape -> Glow and Soft Edges -> Glow Color : Orange Darker 25%
- Format Shape -> Glow and Soft Edges -> Glow Size : 15 pt, Transparency : 25%
- Format Shape -> Glow and Soft Edges -> Soft Edges Size : 24 pt
Lalu jadikan ketiga objek lingkaran
tersebut menjadi satu group dengan menekan tombol Ctrl+G. Aktifkan panel
animasi, lalu klik tombol Add Animation -> Emphassis ->
Grow/Shrink. Ubah properties animasi grow/shrink sebagai berikut :
- Size : 220% (pembesaran objek maghma ini dapat disesuaikan dengan ukuran gambar gunung yang telah dibuat).
- Start : On Click
- Durations : 5 seconds
Objek kepulan asap dapat dibuat menggunakan objek shape freeform. Buat gambar kepulan asap sesuai keinginan. Contoh adalah sebagai berikut :
Kita ubah beberapa properties objek kepulan asap ini agar membentuk objek yang menyerupai asap sebagai berikut :
- Format Shape -> Fill -> Solid Fill : White, Darker 35%
- Format Shape -> Line Color : No Line
- Format Shape -> Glow and Soft Edges -> Glow Color : White Darker 35%, Size : 31 pt
- Format Shape -> Glow and Soft Edges -> Soft Edges Size : 5 pt
Selanjutnya aktifkan panel animasi, klik Add Animation -> Fade dan ubah beberapa properties Fade sebagai berikut :
- Start : After Previous. Artinya asap baru mulai muncul dan mengepul setelah maghma sampai kepuncak gunung.
- Durations : 2 seconds.
- Effect -> Size : 150%
- Autoreverse : Check
- Timing -> Start : After Previous
- Timing -> Durations : 3 seconds.
- Timing -> Repeat : Until Next Click.
Buat beberapa kepulan asap yang
bentuknya berbeda warnanya sesuai dengan selera dan beri animasi serupa
sehingga terbentuk kepulan asap sebagai berikut :
ANIMASI OBJEK SEMBURAN MAGHMA DIPUNCAK GUNUNG
Buat objek semburan api menggunakan objek shape freeform seperti gambar berikut ini :
Ubah beberapa properties berikut agar terlihat seperti semburan api :
- Fill : Gradient Fill
- Preset Color : Fire
- Line Color : No Line
- Glow and Soft Edges -> Soft Edges -> Size : 2 pt
- Start : With Previous.
- Delay : 0.1 second
- Durations : 0.3 seconds
- Repeat : Until Next Click
Buat tiga buah objek api yang bentuknya
berbeda tetapi dengan wana serupa serta berikan animasi yang sama pula.
Yang berbeda adalah setiap objek api memiliki nilai Delay berturut-turut
0.2 dan 0.3. Sisipkan objek semburan api ini dibelakang objek kepulan
asap secara berhimpit seperti gambar berikut ini :
ANIMASI OBJEK BEBATUAN YANG TERLEMPAR DARI PUNCAK GUNUNG
Animasi terakhir adalah animasi bebatuan
yang terlempar dari puncak gunung. Buat objek bebatuan menggunakan
objek shape freeform dengan bentuk beragam dan pewarnaan yang sama
dengan objek semburan api diatas seperti gambar berikut ini :
Berikan animasi untuk setiap objek
batu tersebut dengan cara Add Animation -> More Mothion Paths ->
Up, lalu ubah arah masing-masingnya dengan cara Edit Point jalur
animasinya sehingga terbentuk sebagai berikut :
Atur properties setiap animasi Up bebatuan tersebut sebagai berikut :
- Up -> Effect -> Smooth Start : 1 sec
- Up -> Effect -> Smooth End : 0
- Timing -> Start : With Previous
- Timing -> Durations : 2 seconds
- Timing -> Repeat : Until Next Click
- Timing -> Delay : 0 (untuk batu berikutnya, nilai delay diubah menjadi 0.1, 0.2, 0.3, 0.4 dst sesuai dengan jumlah batu yang dibuat).
0 komentar:
Posting Komentar